Foto Stadion
WORLD CUP 2022

Carlos Queiroz Kecam Jurgen Klinsmann yang Komentari Timnas Iran

Senin, 28 November 2022 | Ade Hery Ardian
Carlos Queiroz Kecam Jurgen Klinsmann yang Komentari Timnas Iran
Caption: Carlos Queiroz dan Jurgen Klinsmann . (Daily Express)

Disepakbola.com - Pelatih timnas Iran Carlos Queiroz telah meminta Jurgen Klinsmann untuk mengundurkan diri dari perannya di Kelompok Studi Teknis FIFA dan menyebut kritiknya terhadap budaya tim Iran sebagai "aib bagi sepak bola".


Saat tampil sebagai analis di BBC menyusul kemenangan Iran atas Wales di Piala Dunia 2022 pada hari Jumat (25/11/2022), Jurgen Klinsmann mengecam Carlos Queiroz dan timnya karena dugaan permainan.


"Itulah budaya mereka dan itulah mengapa Carlos Queiroz sangat cocok di timnas Iran," kata Jurgen Klinsmann.


“Dia berjuang di Amerika Selatan, gagal dengan Kolombia untuk lolos dan dia gagal dengan Mesir untuk lolos juga. Kemudian dia kembali tepat sebelum Piala Dunia untuk membimbing Iran, di mana dia sudah bekerja untuk waktu yang sangat lama,” sambungnya.


"Ini bukan kebetulan, ini semua sengaja. Ini hanya bagian dari budaya mereka, begitulah cara mereka memainkannya. Mereka bekerja sebagai wasit, terus-menerus di telinga mereka, terus-menerus di depan Anda," sebutnya lagi.


Carlos Queiroz, yang tim Irannya akan menghadapi Amerika Serikat dalam pertandingan fase grup terakhir yang menentukan, merespons dengan keras lewat media sosial pada Sabtu (26/11/2022).


"Anda berinisiatif memanggil saya Carlos, jadi saya yakin pantas memanggil Anda Jurgen. Benar kan?" tulisnya di Twitter.


"Bahkan tidak mengenal saya secara pribadi, Anda mempertanyakan karakter saya dengan penilaian prasangka superioritas yang khas. Tidak peduli seberapa besar saya bisa menghormati apa yang Anda lakukan di dalam lapangan, komentar tentang Budaya Iran, Tim Nasional Iran, dan Pemain saya adalah aib bagi sepak bola,” sambung tulisan itu.


Jurgen Klinsmann adalah salah satu dari tujuh orang, dipimpin oleh Arsene Wenger, yang dipilih oleh FIFA untuk "memberikan analisis mutakhir dari semua pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar sambil meningkatkan dan mengembangkan pemahaman tentang pertandingan di seluruh dunia".


Tapi Carlos Queiroz bersikeras bahwa Jurgen Klinsmann sekarang harus mengundurkan diri dari posisinya.


“Tidak ada yang bisa melukai integritas kami jika tidak di level kami, tentu saja. Meski begitu, kami ingin mengundang Anda sebagai tamu kami, untuk datang ke ksmp Tim Nasional kami, bersosialisasi dengan pemain Iran dan belajar dari mereka tentang Negara Iran, para penyair dan senimsn, aljabar, semua budaya Persia milenial," ujarnya.


"Dan juga dengarkan dari para pemain kami betapa mereka mencintai dan menghormati sepak bola. Sebagai orang Amerika/Jerman, kami memahami tidak ada dukungan Anda. Tidak masalah. Dan meskipun komentar Anda yang keterlaluan di BBC mencoba merusak upaya, pengorbanan, dan keterampilan kami, kami berjanji kepada Anda bahwa kami tidak akan membuat penilaian apa pun terkait budaya, akar, dan latar belakang Anda dan bahwa Anda akan selalu diterima di keluarga kami,” ungkapnya lagi.


"Pada saat yang sama, kami hanya ingin mengikuti dengan penuh perhatian apa yang akan menjadi keputusan FIFA mengenai posisi Anda sebagai anggota Kelompok Studi Teknis Qatar 2022. Karena, jelas, kami mengharapkan Anda mengundurkan diri sebelum mengunjungi kamp (pelatihan) kami," tandasnya kemudian.


Jurgen Klinsmann, yang juga melatih timnas Amerika Serikat selama enam tahun dan membawa mereka ke Piala Dunia 2014, menanggapi komentar Queiroz pada hari Minggu (27/11/2022).


"Ada beberapa hal yang benar-benar di luar konteks. Saya akan mencoba meneleponnya dan menenangkannya. Saya tidak pernah mengkritik Carlos atau bangku cadangan Iran. Beberapa bahkan mengira saya mengkritik wasit karena dia tidak melakukan apa-apa tentang perilaku mereka di bangku cadangan,” kata Jurgen Klinsmann kepada awak media.


"Yang saya jelaskan hanyalah cara emosional mereka dalam melakukan sesuatu, yang sebenarnya mengagumkan dengan cara tertentu. Seluruh (orang di) bangku cadangan menghidupkan permainan. Mereka melompat-lompat dan Carlos adalah pelatih yang sangat emosional, dia terus-menerus berada di pinggir lapangan mencoba untuk memberikan semua energi dan arahannya kepada para pemainnya," tuturnya kemudian.


Federasi Sepak Bola Iran pada hari Minggu mengatakan telah meminta kejelasan dari FIFA dan menuntut Jurgen Klinsmann meminta maaf dan mengundurkan diri dari perannya di Kelompok Studi Teknis FIFA.


Mereka juga mengundang Klinsmann untuk mengunjungi kamp pelatihan timnas Iran "untuk kuliah tentang budaya Persia milenial dan nilai-nilai sepak bola dan olahraga".


"Sebagai mantan pemain, dia tidak akan dinilai dari pernyataan dramatisnya yang terkenal. Dan yang pasti, sebagai seorang profesional sepak bola, dia tidak akan diadili atas masalah politik atau sejarah lainnya yang berkaitan dengan negaranya," katanya dalam sebuah pesan kepada awak media.


Federasi Sepak Bola Iran mengatakan Klinsmann harus kembali menonton pertandingan Iran melawan Wales, yang diakui banyak orang sebagai "salah satu pertandingan paling adil dan indah".

BERITA TERKAIT

WORLD CUP 2022

Lionel Messi Buka Peluang Tampil di Piala Dunia 2026, Tapi …

Messi belum pensiun?

Sabtu, 4 Februari 2023 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Lionel Messi Menyesal Setelah Aksi Kontroversi di Piala Dunia 2022

Begini kata Messi ...

Selasa, 31 Januari 2023 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Cavani dan Sejumlah Pemain Timnas Uruguay Disanksi FIFA, Kok Bisa?

Siapa saja yang kena?

Sabtu, 28 Januari 2023 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

FIFA Sanksi Federasi Sepak Bola Meksiko Karena Nyanyian Fans di Piala Dunia 2022

Meksiko didenda FIFA ...

Selasa, 17 Januari 2023 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Lionel Messi Dijanjikan Tampil di Piala Dunia 2026?

Masih sanggup, Messi?

Kamis, 12 Januari 2023 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Diledek Kiper Timnas Argentina, Kylian Mbappe Cuek

'Tuan Muda' ogah menanggapi ...

Jumat, 30 Desember 2022 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Disinggung Soal Gol Messi, Wasit Final Piala Dunia 2022 Balas dengan Monohok

Wasit ini balas kritikan ...

Senin, 26 Desember 2022 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Berbagai Sejarah Baru yang tercipta di Piala Dunia 2022

Simak selengkapnya di sini ...

Minggu, 25 Desember 2022 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

Setelah Didepak dari Skuat Piala Dunia, Andre Onana Buat Keputusan di Timnas Kamerun

Onana fokus ke klub ...

Sabtu, 24 Desember 2022 | Ade Hery Ardian
WORLD CUP 2022

FIFA Ambil Sikap Tegas Pada Salt Bae, Sebut Pelanggaran Protokol Piala Dunia

Akankah Salt Bae mendapat sanksi?

Sabtu, 24 Desember 2022 | Ade Hery Ardian

POPULER

Subscribe to Our Newsletter

Be the first to get our latest updates